Sign In | Sign Up | Log out

IKAI ( Ikatan Keluarga Alumni Al-Islam Joresan )

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di situs blog Alumni Al-Islam Joresan ini. Semoga bisa bermanfaat, meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar.
IKAI kepanjangannya adalah Ikatan Keluarga Alumni Al-Islam Joresan. Sebuah organisasi perkumpulan para alumni Pondok Pesantren Al-Islam Mlarak Ponorogo di Joresan. Komunitas para alumni ini untuk menjalin ikatan silaturrohmi agar tidak terputus setelah lulus dari Ponpes Al-Islam.

IKAI pada dasarnya hanya satu organisasi saja,Yaitu para santri yang sudah lulus otomatis menjadi anggota, namun dilihat dari perkembangannya IKAI terbagi menjadi beberapa kategori. Yaitu :

1. Menurut tahun angakatan kelulusan

Tahun periode para santri yang lulus menjadi nama IKAI. misal santri yang lulus tahun 2003 menamakan IKAI mereka dengan sebutan IKAI'03. yang lulus tahun 2007 disebut IKAI '07 dan begitu seterusnya. IKAI dengan nama tahun kelulusan ini yang paling eksis tentu saja IKAI yang baru saja lulus. semakin lama tahun mereka lulus semakin tidak terorganisir dan semakin sedikit anggotanya, banyak faktor penyebab hal ini terjadi,diantaranya adalah kebutuhan ekonomi keluarga yang menyebabkan para alumni tidak bisa aktif untuk andil bagian dalam IKAI mereka.Satu-satunya acara yang bisa mempersatukan IKAI ini adalah Khotmil Qur'an dan buka bersama pada bulan Ramadhan serta halal bi halal tiap lebaran.

2. Menurut wilayah dan daerah

Daerah yang menjadi tempat para alumni Al-Islam bermukim menjadi nama IKAI. misalnya alumni yang bermukim di Surabaya menamakan organisasi mereka IKAI Surabaya. yang bertempat tinggal dimalang disebut IKAI Malang dan lain sebagainya. Sebagian besar anggota mereka adalah para mahasiswa yang bermukim di tempat dimana mereka kuliah. Cukup banyak acara yang bisa mempersatukan IKAI ini,diantaranya adalah acara Bedah Buku yang mereka laksanakan di Ponpes Al-Islam Ponorogo. IKAI Yogyakarta dan IKAI Malang pernah melaksanakan cara ini. Kadang IKAI ini menamakan diri IKAI Cabang.namun jika hal ini dibenarkan maka sayang sekali karena IKAI pusat yaitu IKAI Reog justru tidak teroganisir sama sekali.

Banyak yang berharap para IKAI dari seluruh angkatan dan dari seluruh wilayah di Indonesia untuk diadakannya Reuni akbar namun belum terlaksana sampai sekarang,entah para alumni yang berkewajiban menghimpun deluruh alumni ataukan justru pihak PONPES Al-Islam yang memiliki kewajiban untuk mengumpulkan kembali para santri mereka yang "hilang".

4 komentar:

Halala mengatakan...

iyo,,, kakean "SUNAH PONDOK" hahahahaha

Anonim mengatakan...

mbok yha diupdate foto profilnya., hhhhheee

Mamba'un Ni'am K.F mengatakan...

sg rajin update,. hhee

angkatan 96 mengatakan...

Kalau IKAI '96 masih diakui apa ndak?

Posting Komentar

Kritik, Saran, Komentar, Masukan Dan Tambahan dari anda silahkan ditulis disini.