Sign In | Sign Up | Log out

Jihad

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di situs blog Alumni Al-Islam Joresan ini. Semoga bisa bermanfaat, meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar.
Setelah kita lulus dari Al-Islam, apa yang harus kita lakukan?

Jihad fi sabillah adalah salah satu jawaban yang tepat, sesuai dengan panca tujuan Al-Islam maka sebagai alumni kita juga wajib mengemban amanah ini.Berjihad dengan cara menyebarkan dan mengamalkan ilmu yang sudah kita dapat selama menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al-Islam tentu saja bisa mendatangkan manfa'at dan maslahah bagi kita semua.Jihad fi sabilillah merupakan puncak ajaran Islam.

Ber-Jihad tidak selalu harus identik dengan ber-perang secara lahiryah / fisik , sebab Jihad , antara lain , dapat berbentuk :

* Perjuangan dalam diri sendiri untuk menegakkan syariat Islamiah
* Perjuangan terhadap orang lain , baik lisan , tulisan atau tindakan
* Jihad dalam bentuk pertempuran : QITAL (Contoh: At-Taubah - Ayat 111 , disebut sebagai "qital" dengan arah : "fisabilillah" - Perang dijalan Allah , tidak disebut "jihad" dengan arah "fisabilillah")

Islam membenci peperangan , tetapi mewajibkan berperang , jika dan hanya jika , muslim diserang (karena agama) terlebih dahulu dan diusir dari negeri-nya ( sampai suatu batas mutlak yang ditentukan . Terlalu luas untuk dijabarkan disini ).

Pada dasar kata arti jihad adalah "berjuang" atau "ber-usaha dengan keras" , namun tidak harus berarti "perang dalam makna "fisik" . Kalau sekarang jihad telah sering diartikan sebagai "perjuangan untuk agama" , memang bisa saja dibenarkan , walau itu tidak harus berarti perjuangan fisik . Bila meng-arti-kan jihad hanya sebagai peperangan fisik , dan extern , untuk membela agama bisa sangat ber-bahaya , sebab akan mudah di-manfaat-kan , dan rentan terhadap fitnah . Berjihad dengan perang fisik jelas dinyatakan sebagai QITAL .

Kalau mau mengartikan Jihad sebagai "perjuangan membela agama" , maka lebih tepat bila dikatakan bahwa berJihad adalah : "perjuangan menegakkan syariat Islam" . Sehingga berjihad haruslah dilakukan setiap saat , 24 jam sehari , sepanjang tahun , seumur hidup .

* Jihad bisa berarti berjuang "Menyampaikan atau menjelaskan kepada orang lain kebenaran Ilahi , walaupun bisa digebukin orang banyak" .
* Atau bisa berjihad dalam diri kita sendiri untuk "tidak mencuri atau men-jarah walau kita sedang lapar" .
* Ataupun bisa berjihad dengan "Tidak berriya dalam keadaan banyak rakyat sedang sulit sembako" ,
* Bisa saja berjihad adalah : "Memaksakan diri untuk bangun pagi dan shalat Subuh , walau masih mengantuk dan dingin"

Intinya setelah kita lulus dari Al-Islam bukan berarti sudah selesai tugas kita, sebagai alumni kita wajib menyebarkan ilmu yang kita peroleh, mengamalkannya dan menjaga nama baik almamater kita tercinta. berjihad dijalan Alloh haruslah didasari keikhlasan hati.

Wahai para alumni marilah kita berjihat menegakkan syari'at Ilahi. kita teruskan apa yang kita peroleh dari Al-Islam kita jaga kemurnian ajaran Ahlussunah wal jamaa'h.semoga Alloh senantiasa melindungi kita.Amien..

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik, Saran, Komentar, Masukan Dan Tambahan dari anda silahkan ditulis disini.